Tuesday, April 24, 2007

Indahnya hidup berpasangan

http://indrayogi.multiply.com

Assalamu'alaikum,


Alhamdulillah, tanggal 23 Maret kemarin umur saya bertambah (atau berkurang ?). Sekarang semuanya berjalan biasa saja, tidak ada yang istimewa. Kalau dulu biasanya memang ada sedikit perayaan kecil, misalnya traktir keluarga makan diluar. Tapi kali ini tidak, selain karena saudara yang lain sibuk sendiri, juga karena semakin bertambahnya keluarga jadi rasanya sedikit berat juga :p.

Tahun ini adalah yang pertama kalinya umur saya bertambah (berkurang ?) dengan didampingi teman sejati. Saya masih ingat tahun kemarin ulang tahun saya, saya keliling Jakarta dengan teman-teman rismata sambil bagi-bagi nasi kotak. Kali ini cukup diam dirumah dengan Nina. Tanggal 23 Malamnya ketika saya hendak berangkat ke peraduan alias tidur, saya melihat mata Nina sedikit menerawang, seperti ada sesuatu yang dia pikirkan. Lama saya perhatikan sampai akhirnya Nina sadar bahwa saya sedang memperhatikan dia.

"Lagi mikirin apa Nin ?"

Nina tak menjawab pertanyaan saya dan hanya tersenyum. Tak berapa lama kemudian mata Nina mulai berkaca-kaca dan bulir-bulir airmata yang jernih pun mulai mengalir turun dari mata ke pipi. Saya cukup tersentak melihat Nina yang tiba-tiba menangis.

"Nina, kamu kenapa ?! Indra punya salah sama kamu yah ?". Nina menggelengkan kepala.

"Yakin ?" tanya saya coba mendapatkan jawaban yang pasti.

Nina menjawab, "Ngga kok, ngga ada yang salah sama a'indra, justru Nina yang ada salah sama a'indra". Saya makin bingung dibuatnya karena saya tak sedikitpun merasa bahwa Nina punya salah dengan saya. Nina pun melanjutkan kalimatnya,

"Aindra, maaf ya....dihari ulang tahun aindra yang ke 26 ini Nina ngga bisa ngasih kado apa-apa....."

Saya tersenyum sekaligus takjub mendengar Nina bicara seperti itu. Sepertinya Nina tidak menyadari bahwa sebenarnya dialah hadiah ulang tahun yang teristimewa yang pernah ada dalam hidup saya. Kehadirannya semakin meneguhkan iman saya dan semakin yakin Allah Maha Adil. Keberadaannya mampu menyeimbangkan ritme kehidupan saya. Kesedehanaannya mengalahkan segala pesona dan kesabarannya mampu melunakkan hati yang keras. Tutur katanya yang selalu lemah lembut dan tak mampu berkata keras selalu berhasil membuat suasana hati menjadi tenang dan tentram.


Selaras dengan apa yang ada di Al Qur'an, Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang [QS 30:21]. Apa yang saya tulis ini tidaklah berlebihan bagi saya.

Kejadian diatas membuat saya berpikir, Subhanallah, betapa Allah Maha Sayang terhadap hamba-hamba-Nya walaupun masih banyak yang ingkar dan kufur akan nikmatNya. Allah menciptakan semuanya berpasangan, Allah berfirman :

Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui [QS 36:36]

Manusia pun diciptakan oleh Allah berpasang-pasangan agar segala kesulitan, kemudahan dan kebahagian hidup ini dapat dijalani bersama. Agar masing-masing berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabiqul khairat) dan saling mengingatkan dalam kealpaan. Pernahkah terbayang di benak kita bahwa kita akan hidup sendiri selamanya tanpa pernah sekalipun merasakan indahnya hidup berpasangan. Rasanya sulit bagi manusia normal untuk menolak salah satu bentuk kenikmatan yang diberikan oleh Allah, yaitu hidup berpasangan.

dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. [QS 53:45]

Akhirnya Allah pun menegaskan tujuan dari berpasangan,

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.[QS 51:49]

Inilah salah satu keindahan dari hidup berpasangan, agar kita selalu dapat mengingat kebesaran Allah dan mensyukuri nikmat-Nya....

Fabiayyi alaa i Robbikumaa Tukaddzibaan....

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?......



Ya Zawjati...
Having Allah as my God,
Prophet Muhammad as my leader
and you as my wife
is the best gift in my whole life.
Alhamdulillahi Robbil 'alamin....


Wassalamu'alaikum

No comments: